STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS EKONOMI KREATIF PENUNJANG SEKTOR PARIWISATA DI KABUPATEN WAJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif untuk menunjang sektor pariwisata pada industri tenun sutera di desa Pakanna, Kecamatan Tanasitolo kabupaten Wajo serta implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Adapun informan penelitian yaitu Kepala Seksi Industri Tekstil, Aneka dan Elektronika Telematika dari pihak DISPERINDANGKOP UKM; Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif dari pihak DISPORAPAR; 3 orang penenun dan 2 orang pengusaha tenun sutera yang berdomisili di Desa Pakkanna, Kecamatan Tanasitolo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan, yakni: 1) Peningkatan kapasitas: dengan pelatihan pengunaan pewarnaan, pengembangan motif dan kreasi berbagai produk dari kain sutera 2) Kemampuan pengembangan: dengan pemberian sarana dan prasarana berupa bantuan ATMB dan pengadaan bahan baku dengan penanaman satu juta murbei serta pelatihan promosi dan pemasaran online dengan pembuatan poster, keikutsertaan di pameran dan iklan digital. 3) Perlindungan: menjaga kelestarian kemampuan menenun dengan mewariskan kepada generasi selanjutnya, dengan sosialisasi dan persuasif. 4) Dengan pengembangan wisata budaya kampung sutera dapat menunjang sektor pariwisata yang kemudian berdampak pada peningkatan pendapatan daerah dan masyarakat secara khusus.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.