PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP CASH HOLDING DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN

  • Wenny Berlyana Cahya Ningrum UPN Veteran Jawa Timur
  • Astrini Aning Widoretno UPN Veteran Jawa Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap cash holding dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor perdagangan. Penelitian ini berfokus pada kepemilikan cash holding perusahaan sektor perdagangan selama terjadi pandemi yaitu pada tahun 2020 hingga 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini berjumlah 71 perusahaan sektor perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020- 2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria sampel yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 17 perusahaan sektor perdagangan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sektor perdagangan yang telah dipilih. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLSSEM). Hasil dari penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap cash holding sedangkan leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap cash holding. Ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi memperkuat hubungan antara profitabilitas terhadap cash holding dan leverage terhadap cash holding.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-27
How to Cite
CAHYA NINGRUM, Wenny Berlyana; WIDORETNO, Astrini Aning. PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP CASH HOLDING DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 179-188, june 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/39846>. Date accessed: 27 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v17i1.39846.
Section
Articles