HUBUNGAN SARANA DAN PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA ISKANDAR PANGKALAN BUN

  • Desiana Edi Chandra UT Palangkaraya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsi hubungan sarana pelayanan publik dengan kepuasan penumpang, hubungan prasarana pelayanan publik dengan kepuasan penumpang, hubungan kualitas pelayanan publik dengan kepuasan penumpang, dan hubungan sarana dan prasarana dan kualitas pelayanan publik secara bersama-sama dengan kepuasan penumpang di Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Periode penelitian yaitu tahun 2022 dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 9.012 penumpang. Teknik sampling menggunakan metode incidental, dengan ukuran sampel sebanyak 383 penumpang Data dikumpulkan dengan angket, dan dianalisis dengan analisis korelasasi product moment dan korelasi multiple, dengan bantuan soft ware SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara sarana pelayanan publik dan kepuasan penumpang, terdapat hubungan yang signifikan antara prasarana pelayanan publik dan kepuasan penumpang, terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan publik dengan kepuasan penumpang, dan terdapat hubungan secara simultan antara sarana-prasarana dan kualitas pelayanan publik secara bersama-sama dengan kepuasan penumpang di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-18
How to Cite
EDI CHANDRA, Desiana. HUBUNGAN SARANA DAN PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA ISKANDAR PANGKALAN BUN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 204-218, aug. 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/38499>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.38499.