PENGARUH STANDAR PELAYANAN FASILITAS RUANG TUNGGU SEBAGAI NILAI TAMBAH TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA BANDAR UDARA ISKANDAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pengaruh penerapan SOP di ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang pesawat di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun; Pengaruh fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan pengguna jasa Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun; dan Pengaruh secara bersamasama penerapan SOP dan fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan pengguna jasa Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Penelitian dilakkukan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah pada masa pandemi Covid-19 sejak bulan Februari - April 2022. Populasi sebanyak 12.960 dengan ukuran sampel sebanyak 150 penumpang, dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa, Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penerapan SOP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan bagi Penumpang Pesawat Udara di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Fasilitas Ruang Tunggu berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan bagi Penumpang Pesawat Udara di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, dan Penerapan SOP dan Fasilitas Ruang Tunggu secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan bagi Penumpang Pesawat Udara di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.