PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN MEMBER FRANS STUDIO DANCE COMPANY MALANG
Abstract
Riset ini dilaksanakan untuk menguji bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan anggota Frans Studio Dance Company Malang. Riset ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Stuctural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) 3.2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert dengan jumlah populasi 65 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan p-value 0,000 dan t-value 3,763. Nilai ini lebih besar dari t-tabel 1,960. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota dengan p-value 0,016 dan t-value 2,408. Nilai ini lebih besar dari t-tabel 1,960. Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan p-value 0,458 dan t-value 0,742. Nilai ini lebih kecil dari t-tabel 1,960. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan p-value 0,000 dan t-value 7,098. Nilai ini lebih besar dari t-tabel 1,960. Variabel kepuasan anggota tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan p-value 0,353 dan tvalue 0,930. Nilai ini lebih kecil dari t-tabel 1,960. Variabel kualitas pelayanan belum mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan. Hal ini menunjukkan p-value 0,373 dan t-value 0,891. Nilai ini lebih kecil dari t-tabel 1,960. Variabel harga belum mampu meningkatkan kepuasan member terhadap loyalitas pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa p-value 0,441 dan t-value 0,770. Nilai ini lebih kecil dari t-tabel 1,960.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.