PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKKwu di SMKN 1 KARANGANYAR PADA MASA PANDEMI
Abstract
Pendidikan menjadi hal penting dalam penciptaan sumber daya manusia yang berkompeten dan berkualitas. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh individu untuk meningkatkan kualitasnya adalah keterampilan kewirausahaan. Proporsi pembelajaran kewirausahaan sebaiknya lebih banyak praktik daripada teori, namun demikian, sejak terjadinya pandemi covid-19 format pembelajaran berubah dengan adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh. Kegiatan praktik sangat minim, serta keterbatasan untuk berkegiatan secara berkelompok juga mengakibatkan penurunan hasil belajar. Kondisi tersebut terjadi di SMK Negeri 1 Karanganyar yang mengalami penurunan hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKKwu) yang cukup drastis. Melalui penelitian kuantitatif korelasional ini didapatkan hasil bahwa secara positif dan signifikan motivasi belajar (X1) berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran PKKwu masa pandemi (Y) yang dibuktikan dengan hasil thitung 7,608 > ttabel 1,971 dan signifikansi 0,000 < 0,05; (2) disiplin belajar (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PKKwu di masa pandemi (Y) yang dapat dibuktikan dengan hasil thitung 4,625 > ttabel 1,971 dan signifikansi 0,000 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara motivasi belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran PKKwu di masa pandemi yang dibuktikan dengan hasil Fhitung 88,095 > Ftabel 3,036 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Perolehan R Square (R2) pada model summary ialah 0,441. Hal ini mempunyai arti sebanyak 44,1% motivasi dan disiplin belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran PKKwu.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.