PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI)

  • Sri Rahayu Universitas Bhinneka PGRI
  • Imam Sukwatus Suja'i Universitas Bhinneka PGRI

Abstract

Perkembangan zaman mendorong semakin pesatnya teknologi. Jangkauan internet yang luas memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi melalui situs belanja online. Hal tersebut akan mendorong manusia untuk melakukan pembelian impulsif terutama di kalangan mahasiswa. Berkaitan dengan hal tersebut, maka literasi ekonomi serta kontrol diri dibutuhkan untuk menekan perilaku pembelian impulsif. Dengan memiliki literasi ekonomi serta kontrol diri yang baik, mahasiswa diharapkan terluput dari perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi ekonomi serta kontrol diri memiliki pengaruh pada perilaku pembelian impulsif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, sedangkan jumlah sampel yang digunakan ebanyak 183 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni memakai kuesioner. Penelitian ini memakai teknik analisis data berupa analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial literasi ekonomi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai thitung > ttabel (6,632 > 1,973), secara parsial kontrol diri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai thitung > ttabel (2,077 < 1,973). Hasil uji F menunjukkan hasil bahwa literasi ekonomi dan kontrol diri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai Fhitung > Ftabel (35,767 > 3,05). Nilai Adjusted R2 sebesar 0,276 yang memiliki arti bahwa variabel literasi ekonomi dan kontrol diri memberikan sumbangan efektif terhadap variabel pembelian impulsif sebesar 27,6%, dan sisanya sebesar 72,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-23
How to Cite
RAHAYU, Sri; SUJA'I, Imam Sukwatus. PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 288-296, sep. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/34026>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.34026.