ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION DAN LOKASI TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA (STUDI KASUS PADA TOKO SEPEDA TERMINAL BIKE SURABAYA)

  • Nafik Umurul Hadi Universitas Bhinneka PGRI
  • Lusiana Puspitasari Universitas Bhinneka PGRI
  • Soelistyo Soetji Handajanti Universitas Bhinneka PGRI

Abstract

Perubahan zaman menyebabkan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek perekonomian khususnya dalam bisnis. Persaingan dalam berbisnis semakin ketat sehingga perusahaan harus dapat bersaing dengan bisnis yang sama. Perusahaan harus mampu memenuhi keinginan atau ekspektasi dari konsumen agar mampu bersaing dengan para kompetitornya. Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya juga ingin terus eksis dan mampu bersaing dengan para kompetitornya dengan melakukan terobosan promosi dan penentuan lokasi toko yang diharapkan mampu mempengaruhi keputusan konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis mengenai pengaruh word of mouth communication dan lokasi toko terhadap keputusan pemeblian sepeda pada Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian positivistik. Data peneliti ini merupakan data primer dari angket word of mouth communication (X1), lokasi toko (X2), dan keputusan pembelian (Y) yang diambil dari pengunjung toko dengan jumlah 120 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Partial Least Square (PLS). Variabel dalam model penelitian ini terdiri dari tiga variabel laten yakni word of mouth communication, lokasi toko, dan keputusan pembelian. Evaluasi model pengukuran yaitu tahap pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Hasil analisis dalam penelitian ini secara parsial word of mouth communication memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda pada Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya, sehingga Ha diterima dan H0. Secara parsial lokasi toko tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda pada Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya sehingga Ha ditolak dan H0 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-20
How to Cite
HADI, Nafik Umurul; PUSPITASARI, Lusiana; HANDAJANTI, Soelistyo Soetji. ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION DAN LOKASI TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA (STUDI KASUS PADA TOKO SEPEDA TERMINAL BIKE SURABAYA). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 259-266, sep. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/33959>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.33959.