PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA YANG DIMODERASI OLEH LITERASI KEUANGAN
Abstract
Perilaku konsumen selama COVID-19 yang cenderung berubah karena adanya kewaspadaan mendorong semakin berkembangnya kegiatan buying melalui marketplace, sehingga membentuk preferensi produk dan keputusan pembelian yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online dan kualitas produk, serta literasi keuangan dalam memoderasi keduanya terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini yaitu melalui pengumpulan data berupa angket berskala Likert yang diisi oleh 173 mahasiswa dari total populasi 304 orang yang dipilih menggunakan teknik proportioned stratified random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 3 untuk menguji outer model, inner model, dan goodness of fit. Hasil pengujian outer model mengindikasikan semua variabel telah memenuhi validitas konvergen dengan nilai outer loading 0,40 – 0,70, Cronbach’s Alpha > 0,5, Composite Reliability > 0,5, AVE < 0,5, serta validitas diskriminan melalui cross loading indikator terhadap variabel utama yang lebih besar. Hasil pengujian inner model menunjukkan nilai t hitung Promosi Online dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Membeli > t tabel 1,653, sehingga pengaruhnya signifikan, serta pengaruh lemah Literasi Keuangan dalam memoderasi Promosi Online dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan melalui penurunan nilai R2 yang dihasilkan Model A sebesar 51,6% menjadi 33,5% pada Model B. Hasil goodness of fit yang dihasilkan oleh SRMR, d_ULS, dan d_G mengindikasikan model sudah tepat digunakan, walaupun nilai RMS menunjukkan hal sebaliknya karena di atas 0,12. Berdasarkan hal di atas, promosi online dan kualitas produk dapat memengaruhi purchase decision secara signifikan, sehingga diperlukan suatu pengendali melalui peran literasi keuangan agar tercipta keputusan pembelian yang bijak dan menguntungkan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.