PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

  • Rafika Kaharuddin Universitas Negeri Makassar
  • Mustari Mustari Universitas Negeri Makassar
  • Rahmatullah Rahmatullah Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Dinar Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Ihsan Said Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan jumlah responden menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di kota Makassar yaitu F hitung = 7,050 > F tabel = 2,31 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α= 0,05. Berdasarkan uji signifikan secara parsial variabel harga dan variabel lokasi memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di Kota Makassar yaitu variabel harga sebesar  0,288 > 0,05 dan nilai T hitung =1,068 < T tabel = 1,985, variabel lokasi sebesar 0,802 > 0,05 dan nilai T hitung = 0,251 < T = tabel 1,985. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dan promosi terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di Kota Makassar yaitu variabel kualitas pelayanan sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai T hitung = 3,431 > T tabel = 1,985, dan variabel promosi sebesar 0,046 < 0,05 dan nilai T hitung = 2,027 > T tabel = 1,985. Adapun nilai korelasi (R) variabel harga ,kualitas pelayanan, promosi dan lokasi sebesar 0,478 hal ini menunjukkan adanya hubungan harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,478 atau sebesar 47,8%. Sedangkan nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,229 artinya bahwa pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,229 atau sebesar 22,9 %. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 77,1 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-19
How to Cite
KAHARUDDIN, Rafika et al. PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 207-219, sep. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/33931>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.33931.