EKSPLORASI MOTIVASI, ORANG TUA DAN THINKING STYLE TERHADAP PERFORMA AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI

  • Hariman Bone Universitas Mulawarman
  • Daniel Minggu Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar, peran orang tua dan thinking style terhadap performa akademik mahasiswa akuntansi. Penelitian ini dimotivasi oleh prestasi akademik Indonesia yang berada pada tingkatan terendah di Asia Tenggara dan peringkat 10 terbawah dari 79 negara yang disurvei pada tahun 2019. Penelitian ini mengumpulkan data melalui survei. Jumlah responden yang diperoleh adalah 126 mahasiswa aktif prodi S1 Akuntansi angkatan 2017, 2018, dan 2019 di Universitas Mulawarman. Pengolahan data menggunakan SmartPLS versi 3.2.9. Penelitian ini menggunakan learned needs theory, social pressure theory dan teori kognitif untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi performa akademik mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan thinking style berpengaruh positif dan signifikan terhadap performa akademik mahasiswa, namun penelitian ini tidak menemukan pengaruh signifikan peran orang tua terhadap performa akademik mahasiswa. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pentingnya peran dosen untuk memotivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, dosen perlu untuk memberikan kasus-kasus guna merangsang pola thinking style mahsiswa agar dapat meningkatkan performa akademiknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-22
How to Cite
BONE, Hariman; MINGGU, Daniel. EKSPLORASI MOTIVASI, ORANG TUA DAN THINKING STYLE TERHADAP PERFORMA AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 279-287, sep. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/33777>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.33777.