DAMPAK MODERASI KONFORMITAS TEMAN SEBAYA PADA PENGARUH KONSEP DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan dari riset ini yaitu mengukur efek moderasi konformitas teman sebaya terhadap konsep diri dan self-regulated learning yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode explanatory design survey, dengan total populasi 219 siswa kelas XI IPS SMA Negeri Cikatomas Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel probabilitas jenis proporsional simple random sampling, dan dengan itu diperoleh sampel sebanyak 142 siswa. Di sisi lain, analisis regresi berganda dan MRA (Moderated Regression Analysis) digunakan sebagai metode analisis data untuk mengumpulkan data dari kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk setiap nilai thitung > ttabel yaitu 2,089 > 1,977 dan 3,758 > 1,977, serta Fhitung > Ftabel yaitu 7,211 > 3,060, terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara konsep diri dan self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa. Kemudian dari hasil MRA, pada gilirannya, menunjukkan tidak ada efek moderasi dari konformitas teman sebaya pada konsep diri dan self-regulated learning pada hasil belajar siswa. Berdasarkan pada hasil tersebut, diharapkan dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengurangi pengaruh konformitas teman sebaya terhadap dampak konsep diri dan self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.