EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DI MTSN 5 JEMBER TAHUN 2021

  • Mohammad Dienul Haq Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Pudjo Suharso Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PIP di MTSN 5 Jember tahun 2021 menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif evaluatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumen dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi Context sudah sangat sesuai dengan presentase sebesar 100%, hal ini dapat dilihat dari seluruh siswa penerima PIP di MTSN 5 Jember berasal dari keluarga miskin. Evaluasi Input sudah sesuai dengan presentase sebesar 75%, dapat dilihat koordinator PIP sekolah sudah mengikuti sosialisasi dan paham tentang juknis PIP. Namun sekolah tidak menyiapkan sarana dan prasarana khusus untuk pelaksanaan PIP. Evaluasi Process sudah sangat sesuai dengan juknis pelaksanaan dengan presentase sebesar 100%. Evaluasi Product sudah sesuai dengan presentase sebesar 75%, hal ini dapat dibuktikan dengan angka putus sekolah di MTSN 5 Jember sudah turun, kebutuhan penerima PIP sudah terpenuhi, dan siswa penerima dapat melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pudjo Suharso, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2023-04-26
How to Cite
HAQ, Mohammad Dienul; SUKIDIN, Sukidin; SUHARSO, Pudjo. EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DI MTSN 5 JEMBER TAHUN 2021. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 59-66, apr. 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/31537>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v17i1.31537.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>