KREATIVITAS PELAKU INDUSTRI EKONOMI KREATIF KABUPATEN JOMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF STRATEGI PROMOSI

  • Cahyo Tri Atmojo STKIP PGRI Jombang

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis kreativitas pelaku industri kreatif dalam perspektif strategi promosi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam menjawab fokus penelitian. Dalam penelitian ini informan yang menjadi subjek penelitian memiliki kriteria yaitu pelaku industri ekonomi kreatif yang pada era pandemi covid-19 mengalami dampak yang signifikan, memiliki pasar atau konsumen generasi muda (remaja), industri ekonomi kreatif sektor kuliner, kerajinan tangan dan fashion. Peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam memperoleh informasi terkait problematika penelitian. Analisis data  dalam penelitian ini dimulai dengan mereduksi data selanjutnya peneliti melakukan penyajian data, penarikan kesimpulan, dan langkah terakhir adalah verifikasi data penelitian. Dalam pemerikasaan keabsahan data peneliti menggunakan cara trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan Kreativitas pelaku industri ekonomi kreatif pada aspek promosi adalah dengan mendesain tampilan produk menjadi lebih menarik dan menggunakan Digital Marketing berupa media sosial yaitu instagram dan facebook menjadi alternatif solusi untuk mempromosikan produk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-01
How to Cite
ATMOJO, Cahyo Tri. KREATIVITAS PELAKU INDUSTRI EKONOMI KREATIF KABUPATEN JOMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF STRATEGI PROMOSI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 267-277, sep. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/26790>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.26790.