PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS FLIPBOOK SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI PERSEDIAAN KELAS XI DI SMK YAPALIS KRIAN

  • Dinda Aulia Wardani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemajuan teknologi informasi sekarang memiliki pengaruh besar atas perubahan pada bidang pendidikan. Satu di antara beberapa perubahan pada aktivitas belajar mengajar yang semula konvensional menjadi pembelajaran daring. Hal ini sejalan dengan keputusan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah dengan dikeluarkannya selebaran oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud, 2020) mengenai implementasi pembelajaran di kelas yang dilakukan secara online. Sejalan dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut, proses belajar mengajar di Indonesia menuntut pembelajaran berpusat pada siswa (student center) dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada kurikulum 2013 revisi 2017. Beberapa penelitian memberikan solusi bahan ajar yang digunakan dengan menerapkan pola pembelajaran scientific approach yang cukup efektif untuk menunjang proses pembelajaran online. Maka dari itu peneliti mengambil jenis penelitian pengembangan bahan ajar elektronik dengan pembelajaran scientific approach dalam pembelajaran daring pada materi persediaan kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan memanfaatkan model 4D oleh Thiagarajan yang meliputi tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sebatas tahapan pengembangan (develop). Produk yang dikembangkan akan di telaah serta di validasi oleh masing-masing ahli diantaranya: ahli materi, ahli bahasa, serta ahli grafis. Berdasarkan hasil telaah serta validasi oleh para ahli dapat diketahui bahwa bahan ajar elektronik berbasis flipbook ini “Sangat Layak” digunakan pada pembelajaran di kelas pada materi persediaan kelas XI di SMK Yapalis Krian dengan mendapat rerata skor sebesar 83,32% (Sangat Layak).


 


Kata Kunci: Bahan Ajar Elektronik, Scientific Approach, Pembelajaran Daring, Persediaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-06
How to Cite
WARDANI, Dinda Aulia. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS FLIPBOOK SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI PERSEDIAAN KELAS XI DI SMK YAPALIS KRIAN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 231-241, aug. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/26410>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.26410.