IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN (PKBL) SEBAGAI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PT. TELEKOMUNIKASI KANDATEL JEMBER

  • Dimas Aji Pangestu Universitas Jember
  • Pudjo Suharso Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

PKBL merupakan salah satu bentuk CSR yang wajib dilakukan oleh perusahaan BUMN. PKBL dilaksanakan sebagai kewajiban suatu perusahaan negara dalam menjaga kondisi sosial masyarakat melalui pemberdayaan UKM dan kegiatan sosial dan lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi PKBL PT. Telekomunikasi Kandatel Jember dan dampak dari pelaksanaan program. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Sumber data  primer dan sekunder, Teknik Analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa PKBL yang dilakukan dalam bentuk program kemitraan dan bina lingkungan yang diimplementasikan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Program kemitraan dilakukan dalam bentuk penyaluran pinjaman modal kepada UKM dan Program Bina Lingkungan dalam bentuk kegiatan sosial dan lingkungan. Pola kemitraan yang dilakukan oleh PT. Telekomunikasi Kandatel menggunakan pola kemitraan Inti Plasma. Dampak dari pelaksanaan PKBL yaitu menambah jumlah modal, meningkatnya jumlah produksi, memperluas segmen pasar, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan citra positif perusahaan dan membaiknya fasilitas umum serta terpenuhinya kebutuhan wilayah binaan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-26
How to Cite
PANGESTU, Dimas Aji; SUHARSO, Pudjo; HARTANTO, Wiwin. IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN (PKBL) SEBAGAI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PT. TELEKOMUNIKASI KANDATEL JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 323-333, sep. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/25741>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.25741.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>