PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMODERASI PENGARUH EFIKASI DIRI, FASILITAS BELAJAR DAN INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN

  • Astrivah Apriliana Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Listiadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring menjadi metode utama dalam melaksankan proses pembelajaran di masa pandemi. Akuntansi perpajakan ialah salah satu dari mata kuliah yang diprogram mahasiswa ketika pembelajaran daring. Tujuan Penelitian antara lain menganalisis secara parsial pengaruh efikasi diri, fasilitas belajar dan intensitas pemberian tugas kepada hasil studi akuntansi perpajakan memakai pemoderasi motivasi studi. Penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian yang diterapkan. Teknik sampling jenuh diterapkan pada penelitian dengan jumlah 61 responden yaitu mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2018 Universitas Negeri Surabaya. Teknik dokumentasi dan penyebaran kuisioner dilakukan untuk pengumpulan data. Metode Partial Least Square digunakan untuk menganalisis data. Perhitungan menggunakan WarpPLS 7.0 melalui tiga tahapan yaitu evaluasi model pengukuran, model struktural, dan uji hipotesis. Hasil riset membuktikan bahwa: 1) efikasi diri berpengaruh secara positif dengan signifikansi kurang dari 0,05 terhadap hasil studi akuntansi perpajakan; 2) fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap hasil studi akuntansi perpajakan; 3) intensitas pemberian tugas memiliki pengaruh positif dengan signifikansi lemah terhadap hasil studi akuntansi perpajakan; 4) dampak efikasi diri kepada hasil studi akuntansi perpajakan dapat dimoderasi dan diperkuat oleh motivasi belajar; 5) motivasi belajar tidak memenuhi syarat pemoderasi antara fasilitas studi dengan hasil belajar akuntansi perpajakan; 6) dampak intensitas pemberian tugas kepada hasil studi akuntansi perpajakan tidak dapat dimoderasi oleh motivasi belajar


 


Kata Kunci: Akuntansi Perpajakan, Efikasi Diri, Fasilitas Belajar, Intensitas Pemberian Tugas, dan Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-27
How to Cite
APRILIANA, Astrivah; LISTIADI, Agung. PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMODERASI PENGARUH EFIKASI DIRI, FASILITAS BELAJAR DAN INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 221-230, july 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/25041>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.25041.