PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR MELALUI PENGEMBANGAN EKOWISATA TANJUNG PAPUMA DI DESA LOJEJER KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER

  • Fira Damayanti Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan terkait implementasi pemberdayaan masyarakat pesisir dan menjelaskan hasil dari implementasi pemberdayaan masyarakat pesisir melalui pengembangan ekowisata Tanjung Papuma di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pemberdayaan masyarakat pesisir di kawasan ekowisata Tanjung Papuma memenuhi tiga elemen dari model Korten meliputi Pertama, elemen program merupakan program pemberdayaan masyarakat pesisir yang dirancang dengan perencanaan yang matang dan baik. Kedua, elemen pelaksana program merupakan Pihak Perum Perhutani yang bertanggung jawab terhadap beberapa aspek kegiatan meliputi pelaksanaan dan kegiatan monitoring evaluasi. Ketiga, elemen kelompok sasaran program merupakan masyarakat pesisir yang tergabung dalam paguyuban ekowisata Tanjung Papuma. Hasil dari implementasi pemberdayaan masyarakat terlihat dari meningkatnya kapasitas masyarakat, meningkatnya kemandirian kelompok dan meningkatnya kepedulian masyarakat pesisir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-22
How to Cite
DAMAYANTI, Fira; SUKIDIN, Sukidin; HARTANTO, Wiwin. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR MELALUI PENGEMBANGAN EKOWISATA TANJUNG PAPUMA DI DESA LOJEJER KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 105-115, apr. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/24920>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.24920.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>