Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa

  • Rarasati Dewi Aulianingrum Universitas Negeri Surabaya
  • Rochmawati Rochmawati

Abstract

Tingkat literasi keuangan masyarakat di Indonesia cukup rendah menurut data di tahun 2019, akan tetapi lebih besar daripada tahun 2016 yakni indeks literasi keuangan dab indeks inklusi keuangan masing-masing sebesar 29,7 dan 67,8%. Masyarakat di Indonesia usia kisaran 21 hingga 39 tahun membelanjakan hampir 50% pndapatannya untuk gaya hidup, terutama pada generasi milenial. Pendekatan kuantitatif dipakai pada riset ini dengan penghimpunan data lewat tes, angket, dan kuesioner yang dibagikan pada siswa sehingga diperoleh data primer. Seluruh murid kelas XII jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang menjadi subjek pada riset dengan jumlah 140 siswa menggunakan teknik Random Sampling ditemukan jumlah responden 108 siswa. Hasil penelitian bisa diberi simpulan berikut ini : (1) Pengelolaan keuangan pribadi dipengaruhi secara positif signifikan oleh literasi keuangan, status sosial ekonomi orang tua, juga gaya hidup. (2) Pengelolaan keuangan pribadi siswa dipengaruhi secara positif signifikan dari literasi keuangan. (3) Pengelolaan keuangan pribadi siswa dipengaruhi secara positif signifikan dari status sosial ekonomi orang tua. (4) Pengelolaan keuangan pribadi siswa dipengaruhi secara positif signifikan oleh gaya hidup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-27
How to Cite
AULIANINGRUM, Rarasati Dewi; ROCHMAWATI, Rochmawati. Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 198-206, july 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/24894>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24894.