PENGGUNAAN SERVQUAL DALAM KUALITAS PELAYANAN BIDANG ADMINISTRASI DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA

PENGGUNAAN SERVQUAL DALAM KUALITAS PELAYANAN BIDANG ADMINISTRASI DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA

  • yanistiya penilasari 88 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

 


Tujuan diadakan penelitian yaitu untuk mengetahui pelayanan administrasi di Kecamatan Gayungan, Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdapat 12 informan dengan 3 kriteria informan, yaitu 1 informan terkait, 1 informan terlibat, dan 10 informan pelaku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, analisis dokumen, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Kecamatan Gayungan dari pegawai di kecamatan sudah optimal dilihat dari 5 dimensi yaitu kehandalan, daya tanggap, empati, jaminan, bukti fisik. Dari 5 dimensi tersebut dapat dilihat bahwa pegawai di Kecamatan Gayungan sudah sesuai dengan kriteria 5 dimensi tersebut. Pegawai di kecamatan bersikap ramah dan sopan. Dalam memberikan pelayanan pegawai juga membantu masyarakat yang mengalami kesulitan, memberikan informasi kepada masyarakat persyaratan apa saja yang harus dipenuhi, memberikan pelayanan khusus untuk penyandang disabilitas.


Kata Kunci: pelayanan administrasi,SERVQUAL

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-27
How to Cite
88, yanistiya penilasari. PENGGUNAAN SERVQUAL DALAM KUALITAS PELAYANAN BIDANG ADMINISTRASI DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 207-220, july 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/24624>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24624.