STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN @OSINGDELES)

  • Amalina Mubarokah Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Mukhamad Zulianto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran osing deles yang dilakukan melalui media sosial Instagram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dan marketing manager Osing Deles Banyuwangi sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini memiliki kewenangan dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran terpadu dan mempertimbangkan pemanfaatan media sosial instagram yang akan digunakan oleh Osing deles, serta informan pendukung dalam penelitian ini ada 3 orang konsumen Osing deles. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi dan metode dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Osing Deles Banyuwangi telah menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu dengan memanfaatkan  media sosial instagram untuk mengenalkan produknya, mempengaruhi konsumen dan meningkatkan penjualan. Osing Deles Banyuwangi menerapkan lima komponen dalam komunikasi pemasaran terpadu yaitu 1) Periklanan periklanan melalui beberapa media diantaranya media cetak dan media internet 2) Pemasaran langsung, Osing deles memasarkan produknya secara langsung tanpa perantara distributor maupun reseller baikpenjualan secara online maupun offline di outlet Osing deles 3) Promosi penjualan berupa diskon, 4) Pemasaran interaktif,Osing deles melakukan pemasaran interaktif atau pemasaran online melalui instagram dengan mengunggah katalog produk, program promo dan berkomunikasi dengan para pengikutnya. 5) Public Relation, Osing deles juga menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-22
How to Cite
MUBAROKAH, Amalina; WAHYUNI, Sri; ZULIANTO, Mukhamad. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN @OSINGDELES). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 98-104, apr. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/24614>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.24614.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>