PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA AKUNTANSI SMK

  • yuni purwanti Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Listiadi

Abstract

Pendidikan sekolah menengah kejuruan berfokus pada mempersiapkan siswa agar siap memasuki dunia kerja yang sesuai dengan bidang akuntansi. Salah satu cara untuk mendapatkan lulusan yang sesuai di bidang akuntansi adalah dengan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang akuntansi baik dengan pengetahuan teori dan dapat mempraktekkannya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat menganalisis pengaruh variabel bebas yakni kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual serta hasil belajar akunatansi dasar terhadap variabel terikat yakni tingkat kognisi akuntansi. Riset ini merupakan penelitian kuantitatif dan pada proses untuk mengambil sampel yang digunkan yaitu dengan memakai random sampling (pengambilan sampel secara acak). Sampel yang digunakan peneliti yaitu siswa dari kelas XI akuntansi SMK YAPALIS KRIAN dengan mengambil responden secara acak sebanyak 150 siswa. Didalam penelitian ini teknik dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner serta dokumentasi. Perolehan hasil dalam penelitian menunjukkan  a) adanya dampak secara signifikan diantara kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan output studi akuntansi bagi peningkatan pada akuntansi dengan hasil nilai  5,001 dan nilai signifikan 0,002. b) pada variabel antara kecerdasan emosional tidak mempunyai dampak yang signifikan terhadap peningkatan pada akuntansi dengan nilai  0,901 dan nilai signifikan 0,369. c) pada variabel kecerdasan intelektual tidak berpengaruh bagi peningkatan pada akuntansi dengan perolehan  -0,192 dan nilai signifikan 0,848. d) adanya pengaruh antara variabel hasil belajar akuntansi dasar pada variabel terikat yaitu tingkat pemahaman akuntansi dengan hasil  -3,686 dan nilai signifikan 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-23
How to Cite
PURWANTI, yuni; LISTIADI, Agung. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA AKUNTANSI SMK. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 172-181, july 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/24041>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24041.