PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Nanda Puspita Sari Pendidikan Ekonomi Unej
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian ayam gephok Pak Giek di Jalan Mastrip Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Rumah makan Ayam Gephok Pak Giek, Jalan Mastrip 1 No.19A, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin yaitu sebanyak 70 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode: wawancara dan kuesioner. Untuk sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Uji instrumen data menggunakan uji validitas. Teknik pengolahan data menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial/statistik meliputi analisis garis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji statistik/uji F, koefisien determinasi berganda, uji T, dan efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ayam Gephok Pak Giek di Jalan Mastrip Jember yang dapat dilihat dari uji Fhitung = 153,161 > Ftabel = 3,134 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <α = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yaitu sebesar 0,906 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Besarnya persentase pengaruh persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian pada Ayam Gephok Pak Giek secara simultan sebesar 82,1% sedangkan sisanya yaitu 17,9% dipengaruhi variabel bebas lain yang tidak diteliti seperti gaya hidup, motivasi, dan persepsi. Untuk variabel bebas yang lebih dominan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yaitu loyalitas merek (X2) sebesar 43,82% sedangkan variabel persepsi kualitas (X1) hanya memberikan pengaruh tehadap Y sebesar 38,16%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-22
How to Cite
SARI, Nanda Puspita; WAHYUNI, Sri; WIDODO, Joko. PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 40-46, apr. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/22729>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.22729.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5