Pengelolaan Bantuan Sosial pada Perumahan Arbain Kampung Janda Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan.

  • Bramanty Sevitha Dewi Pendidikan Ekonomi UNEJ
  • Sukidin Sukidin
  • Lisana Oktavisanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan dan pelaksanaan bantuan sosial dari segi intelektual, spiritual, dan sosial dalam membantu kaum janda di Perumahan Arbain Kampung Janda Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Informan dalam penelitian ini yaitu 4 pengurus sebagai informan utama dan


4 janda yang menerima bantuan sosial sebagai informan tambahan. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolan bantuan soisal pada Perumahan Arbain Kampung Janda dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan program, dan pengendalian masalah. Perencanaan sendiri terdiri dari perumusan strategi, penentuan strategi, menyusun organisasi, menyusun program kerja, dan menyusun anggaran yang diperlukan. Tujuan didirikannya Perumahan Arbain yaitu untuk membantu meringankan beban para janda miskin dalam memenuhi kebutuhan hidup dan membantu mereka mendidik anak-anaknya agar memiliki kepribadian yang baik. Bantuan tersebut diberikan melalui beberapa program kerja mulai dari segi spiritual, intelektual, dan segi sosial serta terdapat bantuan lainnya yang diberikan untuk kebutuhan sehari-hari para janda. Pada bulan Januari 2020 sampai September 2020 sudah ada 7 keluarga janda yang memilih keluar dari Perumahan Arbain karena telah mampu memenuhi kehidupannya. Hal tersebut menunjukan bahwa pengelolaan bantuan sosial berupa Perumahan Arbain atau Kampung Janda dapat dikatakan baik karena telah berhasil mencapai tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-06
How to Cite
DEWI, Bramanty Sevitha; SUKIDIN, Sukidin; OKTAVISANTI, Lisana. Pengelolaan Bantuan Sosial pada Perumahan Arbain Kampung Janda Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan.. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 334-341, sep. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/22159>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.22159.

Most read articles by the same author(s)