INOVASI PRODUK OLAHAN PISANG PADA USAHA HOME INDUSTRY KING’S BNANA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Inovasi Produk Olahan Pisang Pada Usaha Home Industry King’s Bnana Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah pemilik King’s Bnana Jember sebagai informan utama, sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini ialah masing-masing karyawan dan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa King’s Bnana telah melakukan inovasi terhadap produknya. Inovasi produk yang dilakukan yaitu dengan memodifikasi produk-produk yang dihasilkan sehingga lebih diminati oleh konsumen. King’s Bnana menerapkan lima basis inovasi dalam produknya, yaitu inovasi berbasis ukuran, inovasi berbasis kemasan, inovasi berbasis desain, inovasi berbasis penambahan bahan komplementer dan inovasi berbasis pengurangan upaya. Inovasi berbasis ukuran yaitu produk yang dihasilkan memiliki beberapa ukuran yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Inovasi berbasis kemasan yaitu dengan menciptakan beberapa kemasan berbeda yang dapat menarik minat konsumen. Inovasi berbasis desain yaitu pemilik usaha merubah beberapa desain produk dan juga desain kemasan agar tetap menarik minat konsumen. Inovasi berbasis pengembangan bahan komplementer dilakukan dengan menciptakan atau menambahkan beberapa varian rasa yang berbeda terhadap produk yang dihasilkan dengan tujuan untuk meminimalisasi kebosanan konsumen terhadap produk sebelumnya. Inovasi berbasis pengurangan upaya yaitu dengan membuka cabang outlet, menjain kerja sama kemitraan serta adanya layanan delivery order untuk mempermudah konsumen membeli produk King’s Bnana.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.