STUDI PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MIND MAPPING

  • Zuroidah Nailufar UNESA

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan materi piutang siswa SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menerapkan LKPD berbasis mind mapping. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Buduran dengan jumlah 31 siswa. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus. Aspek yang diteliti yaitu hasil belajar siswa dengan melaksanakan pra test dan pasca test. Hasil penelitian kelas ekperimen dengan rata – rata hasil belajar 85 dan kelas kontrol  rata – rata hasil belajar 78, yang dapat diartikan kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis mind mapping memperoleh hasil yang lebih baik. Sehingga dapat diambil kesimpulan LKPD berbasis mind mapping dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran dan meningkatkan pula hasil belajar siswa


 


Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Mind Mapping, Penelitian Eksperimen, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-25
How to Cite
NAILUFAR, Zuroidah. STUDI PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MIND MAPPING. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 50-59, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/21909>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21909.