STUDI PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MIND MAPPING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan materi piutang siswa SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menerapkan LKPD berbasis mind mapping. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Buduran dengan jumlah 31 siswa. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus. Aspek yang diteliti yaitu hasil belajar siswa dengan melaksanakan pra test dan pasca test. Hasil penelitian kelas ekperimen dengan rata – rata hasil belajar 85 dan kelas kontrol rata – rata hasil belajar 78, yang dapat diartikan kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis mind mapping memperoleh hasil yang lebih baik. Sehingga dapat diambil kesimpulan LKPD berbasis mind mapping dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran dan meningkatkan pula hasil belajar siswa
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Mind Mapping, Penelitian Eksperimen, Hasil Belajar
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.