Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Mindjet Mindmanager pada Materi Laporan Keuangan untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Jember

  • St. Afifatul Khoiriyah Universitas Jember
  • Sri Kantun
  • Mukhamad Zulianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan aplikasi Mindjet Mindmanager yang menarik, efektif, dan efisien pada materi laporan keuangan untuk kelas XI IPS SMAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan et. al. Uji coba kelompok terbatas dilakukan pada 12 siswa kelas XI IPS 2 dan uji coba kelompok besar dilakukan pada 32 siswa kelas XI IPS 1 dengan desain penelitian before after yakni untuk mengetahui peningkatan nilai rata-rata kelas dari masing-masing kelas yang diberikan perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji tingkat daya tarik media dan uji tingkat efektivitas media. Hasil uji daya tarik media pembelajaran dengan aplikasi Mindjet Mindmanager pada uji coba skala kecil menunjukkan skor 81% (sangat menarik) dan uji coba kelompok besar menunjukkan skor 82% (sangat menarik). Media pembelajaran dengan aplikasi Mindjet Mindmanager juga dinyatakan efektif yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata kelas XI IPS 2 dan XI IPS 1 pada nilai pre test dan post test dengan taraf signifikasi yaitu 0,000 < 0,05.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-06
How to Cite
KHOIRIYAH, St. Afifatul; KANTUN, Sri; ZULIANTO, Mukhamad. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Mindjet Mindmanager pada Materi Laporan Keuangan untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 310-316, sep. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/21512>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.21512.