IMPLEMENTASI PROGRAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) PADA PERUM PERHUTANI KESATUAN PEMANGKU HUTAN (KPH) JEMBER (Studi Kasus Pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (Lmdh) Wana Jaya Negara Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jembe

  • Ahmad Subairi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Pudjo Suharso Universitas Jember

Abstract

Abstrak


 


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan implementasi PHBM pada LMDH Wana Jaya Negara Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember serta dampak sosial dan ekonomi terhadap masyarakat Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Metode penetuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Desa Badean Kecamatan Bangsalsri Kabupaten Jember. Penentuan Subjek dan Informan penelitian yaitu menggunakan metode snowball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dan data primer. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PHBM pada LMDH Wana Jaya Negara Desa Badean telah berjalan dengan baik dan telah termasuk dalam kategori LMDH madya. Program PHBM juga telah mampu memberikan dampak terhadap sosial dan ekonomi masyarakat. Dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat yaitu kesempatan kerja masyarakat lebih tinggi, pendapatan masyarakat meningkat dan bagi hasil. Sedangkan dampak sosial yaitu pendidikan masyarakat menjadi lebih baik serta hubungan masyarakat dengan Perum Perhutani menjadi lebih baik dari sebelumnya.


 


Kata Kunci : Implementasi PHBM, Dampak Sosial dan Ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pudjo Suharso, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2021-03-01
How to Cite
SUBAIRI, Ahmad; SUKIDIN, Sukidin; SUHARSO, Pudjo. IMPLEMENTASI PROGRAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) PADA PERUM PERHUTANI KESATUAN PEMANGKU HUTAN (KPH) JEMBER (Studi Kasus Pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (Lmdh) Wana Jaya Negara Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jembe. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 152-161, mar. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/21283>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21283.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>