Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Kesiapan Berwirausahaa Siswa

  • Carolina Lita Permatasari UKSW
  • Emirensiana Adha Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah utuk mengetahui peran pendidikan dalam menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa Sekolah Menengah Kejuruan kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Kristen Bisnis dan Manajemen Salatiga. Hasil penelitian menujukan bahwa : 1) Kematangan berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran masih belum memiliki kematangan dalam berwirausaha karena belum memiliki ketekunan dalam berwirausaha, takut untuk berwirausaha, dan belum teliti. 2) Pengalaman berwirausaha Siswa kelas XI mempunyai pengalaman yang baik dalam berwirausaha, karena dalam pelajaran kewirausahaan siswa sudah dilatih untuk menjual produk di media sosial, tidak malu ketika berjualan, dan dapat memahami dunia usaha. Sedangkan diluar pelajaran siswa telah memiliki pengalaman menjual makanan. 3) Keseuaian bahan dan metode pengajaran sudah sesuai dengan tujuan pendidikan kewirausahaan karena sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan kewirausahaan. 4) Siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran belum memiliki sikap mental wirausaha karena siswa belum tekun dan teliti dalam mengerjakan praktek kewirausahaan. 5) Faktor eksternal yang berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK Kristen Bisnis dan Manajemen  adalah dukungan keluarga, teman sebaya, modal, dan proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Emirensiana Adha, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2021-02-26
How to Cite
PERMATASARI, Carolina Lita; ADHA, Emirensiana. Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Kesiapan Berwirausahaa Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 60-71, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/21158>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21158.
Section
Articles