PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG TROPICANA SLIM PADA HYPERMART PONOROGO CITY CENTER DI KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian minyak goreng Tropicana Slim pada Hypermart Ponorogo City Centre di Kabupaten Ponorogo. Metode dalam penelitian pada dasarnya menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli minyak goreng Tropicana Slim di Hypermart Ponorogo City Center. Jumlah sampel penelitian adalah 100 responden yang merupakan pembeli minyak goreng Tropicana Slim. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian asosiatif atau hubungan, yang dapat digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat hubungan atau pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel (Y). Teknik analisa data menggunakan regresi linier, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan besarnya t hitung = 16,472 > t tabel = 1,660 dengan tingkat signifikansi t = 0,000< α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng Tropicana Slim di Hypermart Ponorogo City Center di Kabupaten Ponorogo. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,735. R Square x 100% = 0,735 x 100% = 73,5%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase citra merek terhadap keputusan pembelian minyak goreng Tropicana Slim di Hypermart Ponorogo City Center di Kabupaten Ponorogo sebesar 73,5% sedangkan sisanya yaitu 26,5% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.