PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTU QR CODE PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH KELAS XII SMK

  • Dini Kamilia Salma Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Teknologi dan informasi yang saat ini berkembang dengan sangat pesat menyebabkan dunia pendidikan ikut melakukan suatu pembaharuan untuk mengikuti perkembangan TIK. Pada saat ini peserta didik dituntut untuk terampil dalam menggunakan teknologi serta mengeksplor informasi yang tersedia melalui berbagai sumber. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah bagi kelas XII SMK kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga dengan fitur QR Code sebagai instrumen bagi peserta didik agar dapat memperoleh informasi tambahan yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi dalam penelitian ini hanya pada sampai tahap develop. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif-kuntitatif. Berdasarkan penelitian pengembangan ini diperoleh hasil kelayakan dari ahli materi sebesar 86,41%, ahli bahasa sebesar 98,57%, dan ahli grafis sebesar 95,27%. Sehingga rata-rata skor kelayakan yang diperoleh dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis adalah 93,41% dan memiliki kriteria “Sangat Layak”

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-26
How to Cite
SALMA, Dini Kamilia. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTU QR CODE PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH KELAS XII SMK. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 1-8, oct. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/20213>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.20213.