PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN BUKU TEKS DENGAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG

  • Kiky Saputri Anggraeni Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Wahjudi

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berikut mempunyai tujuan yakni hendak mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan bahan ajar yang berupa lembar kerja siswa (LKS) dan buku teks dengan pembelajaran pendekatan saintifik pada materi penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang di kelas XI Akuntansi SMKN 2 Tuban. Jenis penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yakni seluruh kelas XI Akuntansi di SMKN 2 Tuban. Teknik secara acak atau random sampling dipergunakan guna memperoleh sampel penelitian yang kemudian, terpilihlah kelas XI-AK 2 sebagai kelas kontrol dan XI-AK 3 sebagai kelas eksperimen. Metode tes pada penelitian ini merupakan bagian dari teknik atau cara dalam melakukan pengumpulan data. Begitupula teknik analisis data yang hendak dipergunakan yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang dipergunakan ialah melalui Uji Independent Sample T-test. Hasil pada penelitian ini menampakkan bahwa nilai yang diperoleh di kelas eksperimen lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan kelas kontol. Melalui pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan melalui pengaplikasian uji dari Uji Independent Sample T-test menampakkan hasil yakni t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dari hasil tersebut menyimpulkan bahwasanya adanya perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa dengan pembelajaran saintifik dan kelas yang menggunakan buku teks dengan pembelajaran pendekatan saintifik.


 


 Kata Kunci: Buku Teks; Hasil Belajar; Lembar Kerja Siswa; Pembelajaran Saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-24
How to Cite
ANGGRAENI, Kiky Saputri; WAHJUDI, Eko. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN BUKU TEKS DENGAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 39-49, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/19607>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.19607.