PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI SMK NEGERI DI SURABAYA

  • Abid Eka Wahyu Saputra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengembangan kurikulum di Indonesia mulai memasuki babak baru dengan memperkenalkan proses pembelajaran yang dapat melatih peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah, berkolaborasi dengan komunikasi yang baik, serta mengaharpkan peserta didik untuk mampu menginovasi pola belajar yang baik pada setiap individu. Beberapa penelitian memberikan solusi bahan ajar dengan mengadopsi pola pembelajaran Higher Order Thinking Skills dirasa efektif dalam menunjang tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian ini mengadopsi pengembangan LKPD pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang kelas XI SMK Negeri di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan rujukan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, dkk. Tahapan penelitian ini terdiri dari pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Produk yang dikembangkan akan di telaah dan divalidasi oleh para ahli diantaranya: ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli grafis. Insturmen penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar telaah ahli dan lembar validasi ahli. Lembar telaah ahli berisikan saran dan masukan dari masing-masing ahli untuk memperbaiki kualitas produk sebelum masuk ketahap selanjutnya, sedangakan untuk lembar validasi ahli berisikan penilaian yang diberikan oleh masing-masing ahli atas produk yang telah dikembangkan. Hasil validasi memperoleh presentase sebesar 80,27% dari segi materi, 87,69% dari segi kebahasaan, dan 82,73% dari segi grafis. Dari data tersebut dapat disimpulkan produk yang dikembangkan masuk kedalam kategori sangat layak dari segi materi, segi kebahasaan, dan segi kegrafikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-24
How to Cite
SAPUTRA, Abid Eka Wahyu. PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI SMK NEGERI DI SURABAYA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 20-28, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/19527>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.19527.