PENERAPAN MEDIA MOTIF (MONOPOLI EDUKATIF) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN JAMAK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA IX-35 PATRANG, JEMBER

  • Luh Putu Indah Budyawati

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember dengan menggunakan media MOTIF (monopoli edukatif) dan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap penerapan media MOTIF. Penggunaan media pembelajaran berupa media MOTIF (monooli edukatif) yang ditujukan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak kelompok B. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B dengan jumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitiannya yaitu media MOTIF (monopoli edukatif), kecerdasan jamak anak, dan respon guru terhadap pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan media MOTIF(monopoli edukatif) dapat meningkatkan kecerdasan jamak anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Adanya peningkatan kecerdasan jamak anak dari siklus I ke siklus II sebesar 21,05%. (2) Respon guru kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember terhadap pembelajaran menggunakan media MOTIF (monopoli edukatif) sangat positif. Anak kelompok B menyatakan senang mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, MOTIF (Monopoli Edukatif), Kecerdasan Jamak Anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-05
How to Cite
BUDYAWATI, Luh Putu Indah. PENERAPAN MEDIA MOTIF (MONOPOLI EDUKATIF) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN JAMAK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA IX-35 PATRANG, JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 373-381, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/19364>. Date accessed: 23 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.19364.