ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BARANG DAGANG PADA UD MENTARI JAYA PUTRA KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

  • Dyah Ananda Melaguhti Universitas Jember
  • Sri Kantun
  • Wiwin Hartanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian (SIA) Barang Dagang Pada UD Mentari Jaya Putra Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumen dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIA pembelian barang dagang UD Mentari Jaya Putra Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2019 sudah sesuai dengan standar SIA pembelian barang dagang yang ditentukan untuk UMKM yang terdiri dari komponen dokumen, fungsi, dan bagan alir dokumen. Tingkat kesesuaian yang dicapai sebesar 80% yaitu dikategorikan sesuai. Namun, tingkat kesesuaian tersebut belum maksimal karena belum mencapai 100% atau kategori sangat sesuai. Hal ini dikarenakan beberapa kekurangan antara lain tidak adanya dokumen Surat Kontrak Pembelian dan/atau Surat Penawaran Harga, tidak adanya Fungsi Akuntansi, serta sistem otorisasi dan distribusi dokumen yang kurang baik pada masing-masing fungsi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penulis menyampaikan saran kepada UD Mentari Jaya Putra Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember untuk terus menyempurnakan SIA pembelian barang dagangnya dengan mempelajari dari buku atau merekrut petugas yang lebih memahami standar SIA pembelian barang dagang sehingga dapat diperoleh tingkat kesesuaian maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-02
How to Cite
MELAGUHTI, Dyah Ananda; KANTUN, Sri; HARTANTO, Wiwin. ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BARANG DAGANG PADA UD MENTARI JAYA PUTRA KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 278-286, sep. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/18713>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.18713.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>