PENGARUH COMPUTER KNOWLEDGE, COMPUTER ANXIETY, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SPREADSHEET
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran spreadsheet yang didapatkan seorang siswa adalah sebuah interaksi dari beberapa faktor yang diduga berpengaruh, adapun faktor yang diduga berpengaruh yaitu faktor eksternal dan internal. Dalam penelitian ini, faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran spreadsheet yaitu computer knowledge, computer anxiety, dan kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu agar mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari computer knowledge terhadap hasil belajar, pengaruh computer anxiety terhadap hasil belajar, dan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Kemlagi yang berjumlah 100 siswa. Untuk Jumlah sampel di dalam penelitian ini sebanyak 79 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuisioner. Metode untuk analisis data menggunakan regresi linier berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1): computer knowledge, computer anxiety, dan kecerdasan emosional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran spreadsheet, (2) computer knowledge berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran spreadsheet, (3) computer anxiety berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran spreadsheet, (4) kecerdasan emosional berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran spreadsheet.
Kata Kunci: computer anxiety, computer knowledge, kecerdasan emosional, hasil Belajar
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.