PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN PENERAPAN SISTEM E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURABAYA WONOCOLO

  • Nazilatul Khunaina Il Khafa Ainul Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaaan terbesar dalam APBN, pajak sendiri digunakan oleh pemerintah untuk pembiayaan pembangunan nasional. Jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal tersebut diimbangi dengan penerimaan pajak yang meningkat setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan penerapan sistem e-filling terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak yang terdaftar pada KPP Pratama Surabaya Wonocolo. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 wajib pajak orang pribadi yang ada di KPP Pratama Surabaya Wonocolo penentuan sampel ini menggunakan teori Sugiyono. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan cara penyebaran kuisioner kepada responden. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil penelitian yang diperoleh dinyatakan dengan F hitung 68.843, dengan nilai signifikan 0,000 (2) pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar sebesar 0,009 . (3) sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 0,002. (4) penerapan sistem e-filling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. (5) Pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan penerapan sistem e-filling berpengaruh secara simultan sebesar 0,002 terhadap kepatuhan Wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-24
How to Cite
AINUL, Nazilatul Khunaina Il Khafa. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN PENERAPAN SISTEM E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURABAYA WONOCOLO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 9-19, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/18004>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18004.