MOBILITAS ULANG ALIK BURUH PEREMPUAN (Studi Kasus Buruh Yang Bekerja Di PT.Tempu Rejo Gudang Mayang, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember)

  • Tamara Putri Hadi Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas ulang alik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dan informan penelitian ini yaitu kepala gudang, Mandor buruh dan buruh di PT. Tempu Rejo Gudang Mayang Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas ulang alik buruh ada 4 faktor yaitu pertama faktor daya tarik daerah tujuan yakni adanya kesempatan kerja di daerah asal dan penghasilan tau gaji yang ditawarkan di daerah tujuan lebih tinggi daripada daerah asal, Kedua  daya dorong daerah asal karena mayoritas buruh masih erat kaitannya dengan jalinan persaudaraan yang kuat, gotong royong yang sangat kental, biaya hidup daerah asal lebih rendah daripada biaya hidup daerah asal dan adanya matapencaharian penghasilan lain di daerah asal  untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ketiga tersedianya prasarana sarana transportasi, buruh banyak menggunakan transportasi menggunakan pick up dan angkutan umum untuk menuju daerah tujuan. Keempat kesempatan kerja yang ditawarkan daerah tujuan yakni PT. Tempu Rejo Gudang Mayang merupakan salah satu gudang yang bergerah di usaha tembakau cukup besar dan dengan penghasilan yang ditawarkan atau memberikan penghasilan kepada buruh udh termasuk UMR. Mobilitas ulang alik buruh perempuan yang memutuskan bekerja di daerah lain lebih tepatnya bekerja di PT.Tempu Rejo Gudang Mayang dan beberapa dampak yang di rasakan dari buruh tersebut dampak setelah buruh perempuan yang beberapa dari kecamatan lain atau di luar kecamatan mereka bekerja untuk pengambilan keputusan melakukan mobilitas ulang alik karena adanya masalah sosial yaitu kesejahteraan keluarga yang berkaitan dengan penghasilan dan tidak mengatur keuangan dengan baik kemudian setelah buruh perempuan tersebut bekerja di PT.Tempu Rejo Gudang Mayang, mencukupi kebutuhan hidup buruh tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiwin Hartanto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
HADI, Tamara Putri; SUKIDIN, Sukidin; HARTANTO, Wiwin. MOBILITAS ULANG ALIK BURUH PEREMPUAN (Studi Kasus Buruh Yang Bekerja Di PT.Tempu Rejo Gudang Mayang, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 347-351, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16401>. Date accessed: 21 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16401.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>