STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA EDUKASI PADA PUSAT PENELITIAN KOPI DAN KAKAO INDONESIA DI KABUPATEN JEMBER

  • Halimatus Sadiyah Universitas Jember
  • Pudjo Suharso Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan wisata edukasi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Kabupaten Jember. Daerah penelitian ditentukan dengan purposive area. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengembangan wisata edukasi yang dilakukan Puslitkoka Kabupaten Jember yaitu tetap mempertahankan keunggulan wisata yang ditawarkan yang berkaitan dengan kopi dan kakao dengan memperhatikan kenyamanan pengunjungan, kebersihan lokasi wisata dan kelestarian wisata. Puslitkoka tidak takut untuk bersaing dengan wisata-wisata yang dikembangkan di Kabupaten Jember. Puslitkoka mewajibkan semua karyawan ramah terhadap wisatawan agar wisatawan merasa nyaman dalam berkunjung. Puslitkoka juga menjaga kebersihan kawasan wisata edukasi dengan mempekerjakan pekerja kebersihan. Puslitkoka juga akan menambah wahana baru yaitu lokasi persemaian bibit untuk memperkaya informasi mengenai pembibitan kopi dan kakao, merenovasi foodcourt, serta mengembangkan kawasan agroforestry yang telah ada di lokasi wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pudjo Suharso, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
SADIYAH, Halimatus; SUHARSO, Pudjo; KARTINI, Titin. STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA EDUKASI PADA PUSAT PENELITIAN KOPI DAN KAKAO INDONESIA DI KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 304-307, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16027>. Date accessed: 29 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16027.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6