PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN KEDAI KOBER MIE SETAN JEMBER

  • Nino Nikantino Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember

Abstract

Kedai Kober Mie Setan Jember adalah salah satu kedai yang ada di Jember yang menyediakan makanan berupa Mie yang telah meluaskan berbagai cabang di Jawa Timur dan juga daerah lain, salah satunya di Jember, selain mengedepankan rasa pedas Kedai Kober Mie Setan Jember juga mengedepankan kualitas pelayanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kober Mie Setan Jember. Pengukuran dimensi kualitas pelayanan menggunakan lima dimensi, kualitas pelayanan yang terdiri atas dimensi tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan), Empathy (empati). Intrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioneryang disebarkan kepada pelanggan kedai kober mie setan Jember, data yang digunkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil dari penelitian ini menunjukkan kelima variable kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kedai Kober Mie Setan Jember dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh  kuat terhadap kepuasan Pelangaan dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang baik, maka dapat memberikan rasa puas kepada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahyuni, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Joko Widodo, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
NIKANTINO, Nino; WAHYUNI, Sri; WIDODO, Joko. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN KEDAI KOBER MIE SETAN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 286-289, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/15789>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.15789.