PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL BIDANG KEAHLIAN PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NURIS HIDAYAT DESA CURAHNONGKO, KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER

  • Novita Nurul Islami Universitas Jember
  • Firda Lutfiatul Fitria Universitas Jember

Abstract

Secara spesifik permasalahan yang menjadi fokus dalam pengabdian ini adalah: a) siswa jurusan pemasaran di SMK Nuris Hidayat belum mengenal dan memahami tentang marketing digital yang sedang berkembang saat ini; b) siswa jurusan pemasaran di SMK Nuris Hidayat belum memiliki keterampilan cara pembuatan akun di marketplace praktek cara mengoperasikannya; c) siswa jurusan pemasaran di SMK Nuris Hidayat belum memiliki keterampilan cara mengoperasikannya akun dalam marketplace untuk penjualan; d) siswa jurusan pemasaran di SMK Nuris Hidayat belum memiliki keterampilan cara /proses bertransaksi di dalam marketplace. Tim pengusul bersama mitra menentukan 4 persoalan di atas untuk menjadi fokus masalah yang akan diselesaikan dalam pelaksanaan program. Program Pengabdian Pemula (PPP). Solusi yang akan diambil yaitu mendorong softskill dan hardskill siswa dalam keahlian pemasaran digital yaitu melalui: a) pemberian pelatihan tentang marketing digital yang sedang berkembang saat ini; b) pemberian pelatihan tentang cara pembuatan akun di marketplace praktek cara mengoperasikannya; c) pemberian pelatihan tentang cara mengoperasikannya akun dalam marketplace untuk penjualan; d) pemberian pelatihan tentang cara /proses bertransaksinya. Adapun target luaran wajib dari PPP ini yaitu terciptanya peningkatan daya saing (peningkatan kualitas, kuantitas softskill dan hardskill, atau sumber daya lainnya), peningkatan penerapan iptek di masyarakat (mekanisasi,  IT, dan manajemen), publikasi pada media masa cetak/ online/repocitory PT atau video kegiatan yang diunggah di akun youtube LP2M, perbaikan tata nilai masyarakat (terutama dalam bidang pendidikan). Selain itu target luaran tambahan yaitu Artikel ilmiah dimuat di prosiding International dengan status submitted. Program pengabdian pemula ini dilakukan dengan beberapa metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan siswa jurusan pemasaran SMK Nuris Hidayat Desa Curahnongko Kec Tempurejo Kab Jember, Jawa Timur dalam keahlian pemasaran menggunakan teknologi digital. Adapun pendekatan yang akan dilakukan yaitu metode Ceramah, demonstrasi dan praktek. Adapun prosedur kerja yang dilakukan untuk mendukung metode yang ditawarkan kepada mitra, antara lain: a) memberikan pelatihan tentang marketing digital yang sedang berkembang saat ini; b) memberikan pelatihan tentang cara pembuatan akun di marketplace praktek cara mengoperasikannya; c) memberikan pelatihan tentang cara mengoperasikannya akun dalam marketplace untuk penjualan; d) memberikan pelatihan tentang cara /proses bertransaksinya; e) melakukan pendampingan, monitoring dan evaluasi selama proses pelatihan. Tim pelaksana mengevaluasi kegiatan berdasar dari aspek kognitif dan aspek afektif. Sedangkan untuk keberlangsungan program tim pelaksana pengabdian tetap berkomunikasi dengan pihak sekolah serta melakukan evaluasi dari jauh dengan cara melakukan pengamatan terhadap 4 akun yang dimiliki oleh masing-masing peserta, apakah masih selalu aktif melakukan pemasaran atau tidak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Novita Nurul Islami, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Firda Lutfiatul Fitria, Universitas Jember

Fakultas Teknik

Published
2019-09-19
How to Cite
ISLAMI, Novita Nurul; FITRIA, Firda Lutfiatul. PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL BIDANG KEAHLIAN PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NURIS HIDAYAT DESA CURAHNONGKO, KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 34-40, sep. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/13854>. Date accessed: 23 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.13854.