PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa melalui hasil belajar. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan desain bentuk Nonequivalent Control Group Design. Design ini terdapat pretest yaitu kelompok kelas eksperimen dengan metode pembelajaran discovery learning dan kelompok kelas kontrol dengan metode diskusi. Kemudian diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda dengan pelajaran yang sama. Batasan berdasarkan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ibrahimy 1 Sukorejo tahun pelajaran 2018/2019. Mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) dengan hasil belajar yang di inginkan adalah pemahaman konsep. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS Terpadu kelas VII SMP Ibrahimy 1 Sukorejo. Hasil yang didapatkan dalam penelitian tersebut diperoleh nilai probabilitas kumulatif sebesar 0,026, artinya nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,026 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis Alternatif diterima.”
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.