PEMAKNAAN BRAND AWARENESS TAS ELIZABETH SEBAGAI BENTUK IDENTITAS DAN KOMUNIKASI GAYA HIDUP SOSIAL (STUDI KASUS MAHASISWI PENDIDIKAN EKONOMI, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS JEMBER)

  • Karimatul Jumaiyah Universitas Jember
  • Pudjo Suharso Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Kini penampilan menjadi faktor utama dalam menilai status sosial seseorang. Hal yang menyebabkan masyarakat lebih konsumtif karena mereka akan memperbarui penampilan menurut budaya populer dilingkungannya. Budaya populer dilingkungan mahasiswi Pendidikan Ekonomi menggunakan tas Elizabeth, dengan menggunakan tas Elizabeth mahasiswi terlihat lebih percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan brand awareness tas Elizabeth sebagai bentuk identitas dan komunikasi gaya hidup sosial (studi kasus mahasiswi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Tahap analisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu perbedaan pandangan mahasiswi Pendidikan Ekonomi terhadap tas Elizabeth. Mereka menggunakan tas Elizabeth sebagai penilaian status sosial setiap mahasiswi karena tas Elizabeth memiliki brand image yang baik dilingkungan mahasiswi Pendidikan Ekonomi. Bukan hanya dari brand image, mahasiswi menyadari keunggulan lain yang dimiliki oleh tas Elizabeth. Tas Elizabeth dinilai memiliki kualitas yang baik, model tasnya up to date, memiliki berbagai macam bentuk yang lucu dan tidak mudah rusak. Kesadaran konsumen tentang keunggulan tas Elizabeth inilah menjadi hal terpenting karena tas Elizabeth akan tetap diingat oleh para konsumennya dari segi keunggulan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pudjo Suharso, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiwin Hartanto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-04-01
How to Cite
JUMAIYAH, Karimatul; SUHARSO, Pudjo; HARTANTO, Wiwin. PEMAKNAAN BRAND AWARENESS TAS ELIZABETH SEBAGAI BENTUK IDENTITAS DAN KOMUNIKASI GAYA HIDUP SOSIAL (STUDI KASUS MAHASISWI PENDIDIKAN EKONOMI, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS JEMBER). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 218-224, apr. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/12051>. Date accessed: 05 june 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12051.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3