Strategi Pengembangan Produk pada Handicraft Citra Mandiri di Desa tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi pengembangan produk pada handicraft Citra Mandiri di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan untuk mengakses data digunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa handicraft Citra Mandiri merupakan usaha kerajinan tangan yang melakukan pengembangan produk. Strategi pengembangan produk bertujuan untuk meningkatkan stabilitas penjualan. Usaha handicraft Citra Mandiri melakukan pengembangan produk dengan dua cara yakni secara diversifikasi produk dan strategi produk baru. Diversifikasi produk merupakan suatu strategi bagi handicraft Citra Mandiri untuk menambah jenis produk yang diproduksi, jenis produk yang diproduksi handicraft Citra Mandiri yaitu tasbih, gelang, kalung, dan tongkat. Industri handicraft Citra Mandiri dalam melakukan diversifikasi produk juga meningkatkan produk yang baru yang memiliki hubungan dalam hal pemasaran atau teknologi dengan produk yang sudah ada. Strategi produk baru yaitu handicraft Citra Mandiri membuat produk baru yang diluncurkan untuk mengantisipasi kejenuhan pelanggan akan produk yang sudah ada. Handicraft ini dalam membuat produk barunya tidak hanya berkaitan dengan produk yang dipasarkan tetapi berhubungan pula dengan hal-hal atau atribut lain yang melekat pada produk tersebut. Handicraft Citra Mandiri dalam membuat produknya berusaha memberikan kesan yang khas dimana produk yang dimiliki memiliki warna, motif, labelling yang berbeda.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.