EFEKTIVITAS PENERAPAN MOBILE APPLICATION “KAI ACCESS” OLEH KONSUMEN DI PT. KERETA API INDONESIA PERSERO DAERAH OPERASI 9 STASIUN JEMBER
Abstract
Suatu perusahaan akan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat. Salah satu perusahaan yang sudah mengembangkan beberapa inovasi yaitu PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan menciptakan mobile application “KAI Access” yaitu aplikasi yang digunakan untuk membeli tiket secara online tanpa harus mengantri diloket stasiun. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan mobile application “KAI Access” di Stasiun Jember yang mengacu pada 6 (enam) aspek penilaian yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pengguna, manfaat bersih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui nilai variabel mandiri yaitu efektivitas penerapan mobile application “KAI Access” tanpa membuat suatu perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh penumpang kereta api yang menggunakan mobile application “KAI Access” di Stasiun Jember yang terdiri dri 87 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan mobile application “KAI Access” oleh konsumen di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Stasiun Jember dapat dikatakan sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari penilaian setiap sub variabel efektivitas yaitu kualitas sistem sebesar 85,28%, kualitas informasi sebesar 81%, kualitas pelayanan sebesar 80,85%, penggunaan sebesar 86%, kepuasan pengguna sebesar 82%, manfaat bersih sebesar 80,25%. Berdasarkan persentase nilai responden tersebut maka efektivitas penerapan mobile application “KAI Access” oleh konsumen di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Stasiun Jember dinyatakan sangat efektif dimana termasuk dalam rentan nilai diatas 80%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.