EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SUMBER KEJAYAN KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

  • Nurul Infitah Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas PKH pada aspek input, proses dan output di Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Sumber Kejayan yang terdiri dari 84 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumen dan observasi dengan teknik analisis data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH di Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember telah efektif pada aspek input, proses dan output bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial.


Persentase hasil penelitian pada aspek input menunjukkan hasil sebesar 68,3%, aspek proses sebesar 84% dan output bidang pendidikan untuk kriteria anak usia sekolah didaftarkan di satuan pendidikan sebesar 99% dan persentase kehadiran anak usia sekolah sebesar 88% serta kesejahteraan sosial sebesar 84%. Sedangkan pada aspek output bidang kesehatan pada kategori KPM usia 1-5 tahun belum efektif. Hal itu dikarenakan dari 8 (delapan) kriteria terdapat 2 (dua) kriteria responden yang memiliki anak usia 0-11 bulan yang tidak sesuai dengan persentase yang diharapkan. Kriteria tersebut adalah frekuensi Ibu yang kurang dalam memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan pada masa nifas sebesar 44% dan kriteria tentang frekuensi yang kurang pada pemeriksaan kesehatan bayi 0-1 bulan di fasilitas kesehatan sebesar 32%. Kemudian indikator output PKH yang belum efektif juga terdapat pada pola makan anak usia 1-5 tahun dalam kesehariannya yang belum memenuhi 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna yaitu sebesar 40%.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiwin Hartanto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-09-22
How to Cite
INFITAH, Nurul; SUKIDIN, Sukidin; HARTANTO, Wiwin. EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SUMBER KEJAYAN KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 103-109, sep. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/11346>. Date accessed: 04 june 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.11346.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>