Pengaruh Jam Baca Terhadap IPK Mahasiswa FEB UNPAD

  • Siska Musdalifah Universitas Padjajaran
  • Estro Dariatno Sihaloho Universitas Padjajaran

Abstract

Untuk mendapatkan jumlah IPK yang memuaskan, mahasiswa perlu melakukan berbagai usaha. Salah satu usaha yang dapat dilakukan ialah belajar, dalam proses belajar tersebut diperlukan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh jam baca terhadap besarnya IPK yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Jam baca dalam penelitian ini merupakan pengasumsian dari seberapa besar minat baca yang dimiliki mahasiswa tersebut. Analisisnya menggunakan lama waktu yang dihabiskan untuk membaca, lama waktu kuliah dan partisipasi dalam organisasi sebagai variabel independen. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswi aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan bersumber dari data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke 111 mahasiswa aktif. Analisis data menggunakan regresi linear berganda (Multiple Regression Model) dengan metode OLS (Ordinary Least Squares) menggunakan bantuan software Stata versi 15 for windows. Hasil pengujian menunjukan bahwa secara parsial, lama waktu yang dihabiskan untuk membaca, lama waktu kuliah dan partisipasi dalam organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap IPK yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Sementara secara simultan, lama waktu yang dihabiskan untuk membaca, lama waktu kuliah dan partisipasi dalam organisasi berpengaruh juga secara signifikan terhadap IPK yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-19
How to Cite
MUSDALIFAH, Siska; SIHALOHO, Estro Dariatno. Pengaruh Jam Baca Terhadap IPK Mahasiswa FEB UNPAD. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 15-26, sep. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/11267>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.11267.