PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Pada Sentra Industri Kerajinan Kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Selanjutnya, untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu, Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 72 responden. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas. Metode analisis data menggunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi, uji F, koefisien determinasi, uji t, efektivitas garis regresi berganda, dan standard error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu, Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar sebesar 77,8%, sedangkan 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kreativitas, karakteristik pasar, keunggulan bersaing, kualitas pelayanan, dan audit pemasaran. Inovasi produk memiliki pengaruh dominan yakni sebesar 40,11% dibandingkan orientasi pasar yang berpengaruh sebesar 36,77% terhadap kinerja pemasaran.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.