PENGGUNAAN MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
(Studi Kasus pada Siswa Kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2018/2019 melalui penggunaan media Edmodo pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari kategori sedang ke kategori tinggi dengan skor rata-rata masing-masing 2,88 dan 3,70 pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 82,22 dengan ketuntasan klasikal 82,35% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa sebesar 88,12 dengan ketuntasan klasikal 91,18%. Dengan demikian, penggunaan media Edmodo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang.
Kata Kunci: Media Edmodo, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang, SMK
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.