PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Dewi Anjar Sari Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember
  • Sutrisno Djaja Universitas Jember

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi serta untuk mengetahui adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI KU 2 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian dan neraca lajur pada perusahaan dagang semester gasal tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 44 siswa kelas XI KU 2 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori sedang, yaitu 2,3 dan siklus II meningkat sebesar 3,1 dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan skor rata-rata siswa sebesar 75,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 77,3% dan siklus II meningkat sebesar 80,8 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewi Anjar Sari, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sutrisno Djaja, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-04-21
How to Cite
ANJAR SARI, Dewi; KANTUN, Sri; DJAJA, Sutrisno. PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 109-115, apr. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10429>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10429.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>